Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa, Dukungan Keluarga, Metode Pembelajaran Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam
Main Author: | Nanci, Sepita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5051/1/11090281%20NANCI%20SEPITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5051/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5051/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5051/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5051/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar pengaruh kebiasaan belajar, dukungan keluarga dan metode pembelajaran secara parsial terhadap motivasi belajar siswa (2) seberapa besar pengaruh kebiasaan belajar, dukungan keluarga, metode pembelajaran, dan motivasi belajar secara parsial terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 2 Lubuk Basung yang berjumlah 155 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional random sampling dengan sampel 111 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Lubuk Basung dengan koefisien jalur sebesar 0,352. Sedangkan nilai signifikansi (0,000) < α (0,05) (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Lubuk Basung dengan koefisien jalur sebesar 0,239. Nilai signifikansi (0,007) < α (0,05) (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Lubuk Basung dengan koefisien jalur sebesar 0,215. Nilai signifikansi (0,000) < α (0,05) (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas di SMA Negeri 2 Lubuk Basung dengan koefisien jalur sebesar 0,342. Nilai signifikansi (0,000) < α (0,05). Pengaruh tidak langsung kebiasaan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa sebesar 1,84%. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X dengan koefisien jalur sebesar 0,279. Nilai signifikansi (0,000) < α (0,05). Pengaruh tidak langsung dukungan keluarga terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa sebesar 1,04%; (6) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X dengan koefisien jalur sebesar 0,309. Nilai signifikansi (0,000) < α (0,05). Pengaruh tidak langsung metode pembelajaran terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa sebesar 1,02%; (7) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X dengan koefisien jalur sebesar 0,153. Nilai signifikansi (0,02) < α (0,05). Pengaruh tidak langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar (15,3) Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada siswa agar lebih meningkatkan keaktifan dalam bertanya, guru dan pihak sekolah harus menjelaskan kepada orang tua agar senantiasa berusaha melengkapi fasilitas belajar siswa. Disarankan guru menggunakan metode pembelajaran yang dapat memudahkan guru menyajikan materi pembelajaran dan disarankan kepada siswa lebih meningkatkan motivasi dalam belajar, dan bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar.