IbM SMPN 25 dan MTsN Model Padang dalam Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash
Main Authors: | Rahmi, Rahmi, Melisa, Melisa, Mulia, Suryani |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5041/1/IbM_SMPN25_Media_berbasis_IT_%28Prosiding%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5041/ |
Daftar Isi:
- Nilai siswa di SMPN 25 dan MTsN Model Padang masih banyak di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Salah satu penyebabnya adalah pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru. Minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran masih relatif kurang. Penggunan media pembelajaran masih sebatas media konvensional, sehingga kurang menarik bagi siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diadakan PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) untuk membimbing guru SMPN 25 dan MTsN model dalam membuat media pembelajaran berbasis IT dengan menggunakan Macromedia Flash. Target luaran yang diinginkan pada PPM ini adalah semua guru yang ikut serta dalam PPM membuat media berbasis IT dengan menggunakan Macromedia Flash untuk satu pokok bahasan. Metode yang digunakan pada PPM ini adalah pembimbingan dengan menggunakan modul yang sudah dirancang. Materi modul ini berisi tentang cara-cara penggunaan Macromedia Flash. Modul membantu guru-guru dalam melakukan latihan secara mandiri. Kegiatan ini dilaksanakan selama delapan minggu pada masing-masing sekolah dan melibatkan lebih kurang 15 orang guru matematika dan guru IPA dari masing-masing sekolah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode ceramah dan metode demontrasi. Arahan yang diberikan oleh instruktur langsung dilaksanakan oleh guru-guru dalam bentuk praktek. Setelah mengikuti kegiatan pengabdian, guru-guru telah mampu menggunakan Macromedia Flash dengan benar. Ini terlihat pada akhir kegiatan, guru-guru telah dapat merancang media pembelajaran sederhana. Media pembelajaran ini tentunya dapat menarik perhatian siswa dalam belajar karena media ini memuat warna dan tampilan animasi yang menarik. Melalui kegiatan ini, kemampuan guru dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik menjadi terasah. Dengan memikian kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik. Kata-kata kunci: media pembelajaran matematika, Macromedia Flash