Pengaruh Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Komunikasi Guru dan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Kelas X IIS SMA N 1 Pantai Cermin
Main Author: | Mega, Surianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5037/1/11090265%20MEGA%20SURIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5037/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5037/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5037/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5037/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang Pengaruh Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri dan Komunikasi Guru dan Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Pada Kelas X iis SMA N 1 Pantai Cermin Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X iis di SMA N 1 Pantai Cermin yang berjumlah 101 orang siswa. Teknik penarikan sampel adalah menggunakan teknik Propotional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang, data penelitian di kumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah di uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan induktif, yang terdiri atas uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas, dan autokorelasi, pengujian dilakukan dengan program SPSS versi 18.0 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Pantai Cermin. Dimana di tunjukkan dengan nilai koefisien 0,426 dengan nilai thitung sebesar 6,200 > t tabel sebesar 1,99045. Kedua efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Pantai Cermin. Dimana di tunjukkan dengan nilai koefisien 0,360 dengan nilai thitung sebesar 5,280 > ttabel sebesar 1,99045. Ketiga komunikasi guru dan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Pantai Cermin. Dimana di tunjukkan dengan nilai koefisien 0,391 dengan nilai thitung sebesar 5,229> t tabel sebesar 1,99045. Keempat kecerdasan emosional, efikasi diri dan komunikasi guru dan siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Pantai Cermin. Dimana diperoleh nilai Fhitung 103.432> Ftabel 2,72 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional, efikasi diri, komunikasi guru dan siswa adalah tiga faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N I Pantai Cermin. Dengan demikian disarankan kepada siswa untuk dapat mengendalikan diri dengan baik, memiliki rasa percaya diri yang baik dalam belajar dan memiliki interaksi belajar yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N I Pantai Cermin.