Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas VII SMP N 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Nela, Juvenda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/502/2/13080199%20NELA%20JUVENDA%20ok%20Flipping.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/502/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/502/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/502/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/502/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan berikut ini. Pertama, dalam pembelajaran kurangnya pemahaman siswa terhadap teks tanggapan deskriptif Kedua, kurangnya minat siswa dalam menulis teks tanggapan deskripif. Ketiga, rendahnya penguasaan kosakata yang dimiliki siswa dalam menulis teks tanggapan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP N 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas VII.7. Variabel penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai variabel bebas dan teks tanggapan deskriptif sebagai variabel terikat. Instrumen yang dilakukan adalah tes unjuk kerja menulis teks tanggapan deskriptif sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII.7 SMP N 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan sebelum (pretest) menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan nilai rata-rata 60,84 berada pada rentangan 56-65% pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII.7 SMP N 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan sesudah (posttest) menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan nilai rata-rata 75,65 berada pada rentangan 66-75% pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII.7 SMP N1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dengan thitung (8,55) > ttabel (1,72).