Pengaruh Penggunaan Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar, Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo
Main Author: | Armila, Santi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5019/1/11090112%20ARMILA%20SANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5019/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5019/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5019/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5019/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Luhak Nan Duo, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Luhak Nan Duo, (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Luhak Nan Duo dan (4) Pengaruh pola asuh orang tua, kemandirian belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Luhak Nan Duo. Sampel penelitian menggunakan teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) analisis deskriftif, (2) analisis induktif, (3) uji asumsi klasik, (4) analsisi regresi berganda, (5) koefisien determinasi, (6) uji hipotesis. Hasil analisa data ini menunjukkan bahwa (1) Pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Luhak Nan Duo. Dimana nilai koefisien regresi sebesar 0,588 dan bertanda positif. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (9,564) > ttabel (1,98447); (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar karena nilai koefisien regresi sebesar 0,496 dengan thitung (6,029) > ttabel (1,98447); (3) Penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar karena nilai koefesien regresi sebesar 0,310 dengan thitung (2,518) > ttabel (1,98447). Sedangkan R square sebesar 0,752, yang artinya sebesar 75,20% perubahan pada variabel dependen (hasil belajar) dapat dijelaskan oleh variabel independen (pola asuh orang tua, kemandirian belajar, dan media penggunaan pembelajaran) sedangkan sisanya sebesar 24,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.