Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMK Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Andi, Candra. A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5018/1/11090105%20ANDI%20CANDRA.%20A.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5018/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5018/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5018/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5018/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMKN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. 2) Seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMKN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. 3) Seberapa besar pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMKN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. 4) Seberapa besar pengaruh disiplin belajar, motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMKN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan yang belajar mata pelajaran Kewirausahaan semester II Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah sebanyak 115 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpotional random sampling dengan jumlah sampel sejumlah 89 orang. Hasil analisa data menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas XI SMKN 1 pancung soal kabupaten pesisir selatan dengan koefisien regresi sebesar 0,398 dan thitung sebesar (5,263) ˃ nilai ttabel (1,9879). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas XI SMKN 1 pancung soal kabupaten pesisir selatan dengan koefisien regresi sebesar 0,241 dan thitung sebesar (5,335) ˃ nilai ttabel (1,9879). 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas XI SMKN 1 pancung soal kabupaten pesisir selatan dengan koefisien regresi sebesar 0,238 dan thitung sebesar (4,017) ˃ nilai ttabel (1,9879). 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Disiplin Belajar, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMKN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan dengan Fhitung (151,528 ˃ nilai Ftabel (3,10). Berdasarkan hasil penelitian di atas, disaran kepada guru untuk lebih meningkatkan lingkungan belajar yang kondusif terutama lingkungan sekolah, serta pemahaman kepada siswa tentang kedisiplinan dalam belajar sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kepada siswa agar lebih mandiri dalam belajar dengan mencari sumber-sumber belajar yang lain. Dan kepada peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar kewirausahaan.