Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Biogafi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang
Main Author: | Ratih, Mailani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/499/2/13080196%20RATIH%20MAILANI%20%20%20ok%20Flipping.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/499/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/499/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/499/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/499/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yaitu kemampuan siswa menulis teks biografi masih tergolong rendah dan model discovery learning belum pernah digunakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang tanpa menggunakan model discovery learning dan dengan menggunakan model discovery learning, serta mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini kelas X IPA3 (kelas kontrol) dan kelas X IPA4 (kelas eksperimen). Data penelitian ini adalah skor menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang tanpa dan dengan menggunakan model discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks biografi siswa tanpa menggunakan model discovery learning memperoleh nilai rata-rata 69,62 dengan klasifikasi 66-75%, yaitu lebih dari cukup. Kedua kemampuan menulis teks biografi siswa dengan menggunakan model discovery learning memperoleh nila rata-rata 86,291 dengan klasifikasi 86-96% yaitu baik sekali. Ketiga, hasil uji-t terdapat pengaruh terhadap penggunaan model discovery learning karena > (5,44>1,67). Dapat disimpulkan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang dengan menggunakan model discovery learning lebih baik dari pada tanpa menggunakan.