Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 12 Padang
Main Author: | Yelmi Fitri, Yenti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4974/1/11090158%20YELMI%20FITRI%20YENTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4974/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4974/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4974/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4974/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 12 Padang; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 12 Padang; (3) Pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 12 Padang; (4) Pengaruh pendidikan orang tua, motivasi belajar, dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 12 Padang yang berjumlah 132 orang. Teknik pengambilan sampel dengan proposional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dan terbuka. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) analisis deskriftif, (2) analisis induktif, 1) uji asumsi klasik, (4) analisis regresi berganda, (5) koefisien determinasi, (6) uji hipotesis yaitu uji t dan uji f dengan menggunakan SPSS 16.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 12 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung>ttabel (3,202>1,985) dengan nilai signifikan<α(0,002<0,05); (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 12 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung>ttabel (7,831>1,985) dengan nilai signifikan<α(0,000<0,05); (3) fasilitas belajar di sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 12 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung>ttabel (5,969>1,985) dengan nilai signifikan<α (0,000<0,05); (4)Tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar dan fasilitas belajar di sekolah berpengaruhF positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswakelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 12 Padang. Dimana diperoleh nilai>F tabel (85,452>3,09) dan nilai sig<alpha (0,000<0,05). Besarnya sumbangan variabel tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar dan fasilitas belajar di sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 12 Padang yaitu 73,20% dan sisanya 26,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan orang tua lebih memperhatikan dan senantiasa memberikan pengertian pada anak untuk meningkatkan prestasi belajarnya dan bagi siswa agar mampu meningkatkan motivasi belajar lebih baik lagi, seperti selalu semangat untuk mengerjakan tugas agar dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah.