Pengaruh Penerapan Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Main Author: Lucky, Heriyanti Jufri
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4970/1/Prosiding%20SemNas%202016%2030%20Juni%202016.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4970/
Daftar Isi:
  • Self-efficacy merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan prestasi matematika seseorang. Self-efficacyberkaitan dengan penilaian seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri dalam menyelesaikan suatu tugas tertentu. Hal ini selaras dengan tujuan mempelajari matematika yang tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu agar siswa memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan literasi matematis siswa, pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan DLPS dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional ditinjau berdasarkan kategori kemampuan awal matematis (KAM) siswa.Oleh sebab itu, dibutuhkan self-efficacy yang baik dalam diri siswa agar dapat berhasil dalam proses pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen (nonequivalent control grup design). Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket self-efficacy. Pada penelitian ini digunakan format respon skala self-efficacy yang diadaptasi dari skala respon yang digunakan oleh Compeau & Higgins (1995) dan merujuk pada skala respon yang dikemukakan Bandura (2006).Self-efficacy siswa kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan DLPS tidak berbeda dengan siswa kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Namun, rataan Self-Efficacy siswa kategori tinggi dan sedang pada kelas eksperimen bila dibandingkan dengan rataan Self-Efficacy siswa dikelas kontrol memiliki selisih skor sekitar 2,69 dan 10,03.