Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, siswa belum sepenuhnya terampil dalam mengonversi teks biografi, karena siswa kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasanya untuk mengonversi. Kedua, siswa tidak memahami cara mengonversi suatu teks. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut:Pertama, mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 6 Padang dalam mengonversi teks biografi menjadi teks monolog tanpa menggunakan model Discovery Learning. Kedua, mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 6 Padang dalam mengonversi teks biografi menjadi teks monolog dengan menggunakan model Discovery Learning. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 6 Padang dalam mengonversi teks biografi menjadi teks monolog. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 6 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 286 orang. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana Butik 3 yang berjumlah 21 orang.Variabel penelitian ini adalah model Discovery Learning sebagai variabel bebas dan kemampuan mengonversi teks biografi menjadi teks monolog sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kerja siswa kelas X SMK Negeri 6 Padang dalam mengonversi teks biografi menjadi teks monolog sebelum dan sesudah menerapkan model Discovery Learning Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, kemampuan mengonversi teks biografi menjadi teks monolog siswa kelas X SMK Negeri6Padang sebelum menerapkan model Discovery Learningialah 60,84 dengan kualifikasi Cukup pada rentangan 56-65%. Kedua, kemampuan mengonversi teks biografi menjadi teks monolog sesudah menerapkan model Discovery Learning ialah 75,67 dengan kualifikasi Lebih dari Cukup dengan rentangan 76-85%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan Penerapan Model Discovery Learning dalam pembelajaran mengonversi teks biografi menjadi teks monolog dengan thitung (10,58) > ttabel (1,72). Dengan kata lain, H1 diterima karena thitung> ttabel pada derajat kebebasan (dk)=n-1 pada taraf signifikasi 95%.