Penerapan Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Level 3 Pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Bandung

Main Author: Lucky, Heriyanti Jufri
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4947/1/7.%20Lucky%20Heriyanti%20Jufri.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4947/
Daftar Isi:
  • PISA (Programme for international Student Assessment) adalah organisasi internasional yang bertujuan untuk menguji kesiapan siswa bersaing diera globalisasi seperti saat ini.Berdasarkan hasil dari draft assessment framework PISAdiketahui bahwa kemampuan literasi siswa di Indonesia masih tergolong rendah, karenahingga saat ini siswa Indonesia masih menempati tingkat kemampuan literasi matematis pada level 1 dan level 2.Mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Double Loop Problem Solving (DLPS). Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan literasi matematis siswa, pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan DLPS dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional ditinjau berdasarkan kategori kemampuan awal matematis (KAM) siswa. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah desain kelompok kontrol non-ekuivalen (nonequivalent control grup design) dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 27 Bandung. Instrumen penelitian terdiri dari tes KAM dan tes kemampuan literasi matematis level 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, peningkatan kemampuan literasi matematis level 3 siswa untuk kategori KAM tinggi dan sedang kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan DLPS lebih baik dari pada siswa kelas kontrol untuk kategori KAM tinggi dan sedang yang memperoleh pembelajaran secara konvensional.