Strategi Sosial Siswa dalam Berinteraksi di dalam Kelas Bahasa Inggris Pada Kelas Sebelas di SMAN 1 Tigo Nagari Pasaman
Main Author: | Esa, Supia Anora |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/493/1/13040079%20ESA%20SUPRIA%20ANORA%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/493/2/Abstract.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/493/3/Conclusion.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/493/4/References.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/493/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat tipe-tipe sosial strategi yang digunakan siswa dalam berinteraksi di dalam kelas. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas sebelas di SMAN 1 Tigo Nagari. Kelas sebelas yang menjadi partisipan adalah XI IPA 1 dan XI IPS 2 pada penelitian ini dipilih berdasarkan pada purposive sampling, yang mana partisipan diambil berdasarkan kebutuhan indikator yang dimiliki oleh peneliti. Kemudian, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini peneliti gunakan untuk menganalisa dan mengidentifikasi suatu fenomena, yaitu tipe strategi sosial yang digunakan oleh siswa dalam berinteraksi di dalam kelas bahasa Inggris, dan bagaimana cara siswa menggunakan strategi sosial tersebut. Selanjutnya, dalam proses pengumpulan data, peneliti melakukan observasi. Observasi dilakukan dalam proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan video, observation checklist, dan field notes. Peneliti melakukan penelitian selama tiga kali pertemuan dalam satu kelas. Setelah melakukan analisis data, penaliti menemukan semua tipe sosial strategi yang digunakan oleh siswa dalam interaksi di dalam kelas, yaitu asking question, cooperating with others, dan empathizing with others. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semua tipe sosial strategi ditemukan pada siswa SMAN 1 Tigo Nagari Pasaman.