Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah menganalisi respon siswa terhadap umpan balik tertulis guru dalam menulis pada pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan deskriptif sebagai research design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon dari siswa terhadap umpan balik tertulis guru dalam menulis pada pembelajaran bahasa Inggris. Partisipan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 terdiri dari 32 siswa. Untuk mendapatkan sampel, peneliti menggunakan cluster random sampling. Jumlah keseluruhan sampel yaitu 32 orang siswa. Instrumen penelitian ini berupa questionnaire. Pada instrumen ini peneliti menggunakan 5 likert scale untuk mengetahui hasil akhir dari respon siswa yaitu always, often, sometimes, rare and never. Jika dilihat dari hasil akhir respon siswa dan hasil akhir respon siswa per item peneliti menemukan bahwa siswa memberikan respon yang bagus (high response)terhadap umpan balik tertulis guru. Berdasarkan hasil akhir dari respon siswa dikelas X IPA 2 SMA N 1 Bonjol, Kab. Pasaman dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap umpan balik tertulis guru dalam menulis memiliki respon yang bagus (high response).