Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep IPA Materi Pencemaran Lingkungan

Main Authors: Lora, Lurnamasari, Zikra, Zikra, Fachrul, Reza
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pendidikan Biologi Univeristas Jambi , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4887/1/4908-Article%20Text-10015-1-10-20180423.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4887/
https://www.online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/4908
Daftar Isi:
  • Penguasaan konsep dan hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di MTs Al-Muhajirin Bandar Sakti masih rendah. Guru cenderung menggunakan metode ceramah, dan buku sumber yang tersedia juga terbatas sehingga pada saat proses pembelajaran siswa kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep IPA siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Al-Muhajirin Bandar Sakti Abung Surakarta Lampung Utara. Penelitian ini adalah pe nelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain matching pret test - posttest contol group desig n . Pada penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VII D dan kelas kontrol yaitu kelas VII B. Instrumen yang digunakan adalah lembaran test hasil belajar siswa secara tertulis. Data dianalisis menggunakan uji - t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata - rata penguasaan konsep kelas kontrol 84,83 dan kelas kontrol 76,61. Hasil uji t dida patkan t hitung >t tabe l yaitu 3,745>2,00 maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Problem - Based Learning (PBL) dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII di MTs Al - Muhajirin Bandar Sakti Abung Surakarta L ampung Utara