Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Teman Sebaya dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA PGRI 4 Padang

Main Author: Fani, Dayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4884/1/11090156%20FANI%20DAYANTI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4884/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4884/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4884/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4884/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisseberapa besar pengaruh pola asuh orang tua, interaksi teman sebaya dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS SMA PGRI 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA PGRI 4 Padang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 61 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebesar 61 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Penentuan pengaruhpola asuh orang tua, interaksi teman sebaya dan cara belajar secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS SMA PGRI 4 Padang untuk menguji hipotesis digunakan analisis uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA PGRI 4 Padang yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar sebesar 0,335 dengan nilai thitung sebesar 4,128 > ttabel 1,672 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 1)terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA PGRI 4 Padang yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,281 dengan nilai thitung sebesar 4,239 > ttabel 1,672 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA PGRI 4 Padang yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,221 dengan nilai thitung sebesar 4,619 > ttabel 1,672 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara pola asuh orang tua, interaksi teman sebaya dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA PGRI 4 Padang yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar Fhitung 60,474 >Ftabel 2,76 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan R Square sebesar 0,748 dan sisanya 25,20% dipengaruhi oleh faktor lain yang ada diluar penelitian. Berdasarkan kesimpulan diatas dapat disarankan (1) kepada orang tua agar memberikan bimbingan bagi anak dalam bersikap dan berperilaku dan orang tua lebih memperhatikan anak dalam setiap kegiatan yang dilakukan baik disekolah maupun dirumah, (2) kepada siswa agar memperhatikan hubungan antar sesama teman, karena teman juga bisa berdampak baik dan berdampak buruk terhadap hasil belajar siswa, (3) kepada guru agar memeperhatikan dan membimbing siswa dalam belajar agar cara belajar siswa lebih baik.