Pengaruh Disiplin Belajar, Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat dengan Interaksi Belajar Siswa sebagai Variabel Moderating
Main Author: | Makhroza, Mustaqim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4871/1/11090134%20MAKHROZA%20MUSTAQIM.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4871/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4871/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4871/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4871/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh disiplin terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu SMP N 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, 2) Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu SMP N 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, 3) Pengaruh interaksi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu SMP N 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, 4) Pengaruh Interaksi belajar memoderasi pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu SMP N 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, 5) Pengaruh interaksi belajar memoderasi pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, 6) Pengaruh disiplin belajar di kali interaksi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, 7) Pengaruh minat belajar di kali interaksi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Koto Balingka tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 106 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 84 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Hasil analisa data menunjukkan bahwa Pertama. Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, dari hasil uji regresi nilai koefisisen regresi disiplin belajar sebesar 0,372 pada tingkat signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05 dengan t hitung 5,726 ≥ t tabel 1,98969.; Kedua. Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, dengan nilai koefisisen regresi minat belajar sebesar 0,632 pada tingkat signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05 dengan t hitung 9,919 ≥ t tabel 1,98969.; Ketiga. Interaksi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. pada hasil uji t yang menyatakan bahwa thitung ≥ ttabel (2,761 ≥ 1,98761) dengan alpha 0,05, dan sig < alpha (0,017 < 0,05).; Keempat. Interaksi belajar siswa memoderasi pengaruh variabel disiplin belajar dan minat belajar terhadap variabel terikat. Nilai koefisien regresi sebesar -0,036 dan nilai t hitung sebesar -2,141 ≥ t tabel -1,98969 dengan nilai signifikan < α (0,035 < 0,05).; Kelima. interaksi belajar siswa memoderasi pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Nilai Koefisien sebesar -0,036 dan nilai t hitung sebesar -2,14 ≥ t tabel -1,98969 dengan nilai signifikan < α (0,035 < 0,05).; Keenam. interaksi memperkuat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. nilai koefisien sebesar 0,063 dan nilai t hitung 3,703 ≥ t tabel 1,98969 dengan nilai signifikan 0,000.; Ketujuh. interaksi memperlemah pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa. nilai koefisien sebesar -0,036 dan nilai t hitung -2,141 ≥ t tabel 1,98969 dengan nilai signifikan 0,035. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada siswa agar lebih meningkatkan disiplin belajar, mengetahui minat siswa dalam belajar dan juga mengetahui bagaimana interaksi antara siswa agar hasil belajarnya jadi lebih baik untuk kedepannya.