Ketertarikan Siswa pada Media Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru Bahasa Inggris dalam Mengajar Bahasa Inggris di SMPN 1 Tarusan Pesisir Selatan

Main Author: Cici, Lianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/486/3/13040072%20CICI%20LIANTI%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/486/1/Abstract.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/486/2/Conclusion.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/486/4/References.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/486/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketertarikan siswa pada media pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris di SMP N 1 Tarusan Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Participants dalam penelitian ini yaitu 30 siswa kelas IX dari SMP N 1 Tarusan Pesisir Selatan yang ditentukan melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket, wawancara dan rekaman video. Ketertarikan siswa dapat dilihat melalui 3 indikator yaitu attention (siswa memperhatikan penjelasan guru dalam mengajar), enjoyment (siswa merasa senang dalam belajar) dan curiosity (siswa memiliki rasa keingintahuan dalam belajar). Berdasarkan pada angket dan wawancara didapatkan hasil penelitian bahwa video, recording dan whiteboard merupakan media pembelajaran yang paling banyak disukai siswa dalam belajar bahasa Inggris. Ketertarikan siswa pada media pembelajaran video dan recording dilihat dari tingginya perhatian (attention) siswa dalam belajar bahasa Inggris. Pada media whiteboard ketertarikan siswa dilihat dari tingginya rasa enjoyment siswa dalam belajar bahasa Inggris. Sementara itu, ketertarikan siswa yang dilihat dari rasa keingintahuan (curiosity) pada ketiga media pembelajaran ini sangat rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki ketertarikan pada media pembelajaran cenderung memperhatikan (attention) dan menikmati (enjoyment) pembelajaran yang disampaikan oleh guru melalui media pembelajaran yang membuat mereka tertarik. Namun, terkadang siswa juga memiliki rasa ingin tahu (curiosity) pada pembelajaran yang dijelaskan oleh guru melalui media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar bahasa Inggris.