Komponen-Komponen Menulis dalam Teks Deskriptif di Sekolah SMP N 1 Panti
Main Author: | Desi, Rahmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/485/1/Abstract.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/485/2/13040071%20desi%20rahmi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/485/3/Conclusion.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/485/4/References.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/485/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah tentang komponen-komponen yang terdapat dalam teks deskriptif dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan deskriptif sebagai research design. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan hasil akhir siswa dari tiap masing-masing komponen menulis yang berada pada teks deskriptif dalam belajar menulis. Partisipan dalam penelitian ini adalah kelas VIII terdiri dari 156 siswa. Untuk mendapatkan sampel, peneliti menghomogenitaskan dan mencari normalitas masing-masing kelas, dimana didapatkan 4 kelas yang homogen yaitu VIII.3, VIII.4, VIII.5, dan VIII.6, tetapi peneliti memilih secara acak dan kelas yang didapatkan ialah kelas VIII. 5 terdiri dari 27 siswa dan di kelas VIII. 6 terdiri dari 26 siswa. Peneliti menggunakan cluster random sampling (sampel acak). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hasil akhir di komponen bagian content peneliti menemukan bahwa rata-rata skor semua siswa setelah di jumlahkan (23,4) itu berarti semua siswa berada pada tingkat yang bagus (good to average). Pada bagian organization, semua siswa mendapat skor (16,9) itu berarti semua siswa berada pada tingkat yang bagus (good to average). Di bagian vocabulary semua siswa mendapat skor (16,8) berarti siswa berada pada tingkat yang bagus (good to average). Di bagian language use, siswa mendapat skor (18,8) artinya siswa juga berada pada tingkat yang bagus (good to average). Di bagian terakhir, mechanics, siswa mendapat skor pada hasil akhir frekuensi yaitu skor (3,8) artinya semua siswa berada pada tingkat yang bagus atau (good to average). Berdasarkan hasil akhir skor masing-masing siswa dikelas VIII SMP N 1 Panti, Pasaman dapat disimpulkan bahwa komponen-komponen pembelajaran menulis dalam teks deskriptif yang terdapat pada seluruh sub-indikator yang nilai rata-ratanya masuk dalam level yang bagus (good to average) atau menengah keatas.