Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 6 Sijunjung

Main Author: M., Hafizi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4849/1/11090085%20M.%20HAFIZI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4849/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4849/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4849/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4849/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 6 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif berbentuk hubungan kausal. Tempat penelitian ini di lakukan di SMA N 6 Sijunjung, yang beralamat di kenagarian kamang, kec. Kamang Baru, Sijunjung. Adapun waktu penelitian yaitu pada bulan November 2015. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 6 Sijunjung sebanyak 66 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 orang. Jenis data adalah primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, Variabel pendidikan orang tua (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (X3) dengan nilai koefisien sebesar 0,722 dan nilai thitung adalah 8,022 > ttabel 1,998. Kedua,Variabel fasilitas belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (X3) dengan nilai koefisien 0,159 dan nilai thitung adalah 2,766 > ttabel 1,998. Ketiga, Variabel pendidikan orang tua (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai koefisien 0,349 dan nilai thitung adalah 2.676 > ttabel 1,998. Keempat, Variabel fasilitas belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,418 dan nilai thitung adalah 4,435 > ttabel 1,998. Kelima, Variabel minat belajar (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai koefisien sebesar 0,161 dan nilai thitung adalah 2,258 > ttabel 1,998. Berdasarkan hasil penelitian terlihat sebagian besar orang tua memiliki tingkat pendidikan rendah, tingkat pendidikan rendah memberikan kontribusi terhadap persepsi orang tua terkait pendidikan anak. Sebaiknya kita sebagai penerus lebih meningkatkan pendidikan agar kelak dapat memberikan pendidikan yang lebih baik kepada penerus. Selanjutnya perlu disarankan bagi sekolah agar melengkapi semua fasilitas belajar seperti pada indikator tersedianya alat bantu yang masih kurang baik. Sementara itu untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran IPS dengan cara merubah pola belajar dan metode pengajaran yang digunakan oleh guru. Selain itu perlu diberikan masukan-masukan mengenai pentingnya pembelajaran IPS dalam lingkungan sosial agar siswa lebih termotivasi dan terpacu dalam belajar.