Pengaruh Kecerdasan Emosional, Konsep Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Taman Siswa Padang
Main Author: | Westi, Rusdini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4848/1/11090069%20WESTI%20RUSDINI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4848/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4848/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4848/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4848/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Padang, 2) Pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Padang, 3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Padang, 4) Pengaruh kecerdasan emosional, konsep diri dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII Di SMP Taman siswa Padang yang belajar mata pelajaran Ekonomi semester II Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah sebanyak 53 orang. Penelitian ini merupakan penelitian sampling jenuh atau sensus, dimana populasi dijadikan sampel yang digunakan sebanyak 53 siswa dari populasi sebanyak 53 siswa. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kecerdasan Emosional terhadap Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Taman Siswa Padang dengan koefisien regresi sebesar 0,198 dan thitung (2,240) > nilai ttabel (1,6675); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Konsep Diri terhadap Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Taman Siswa Padang dengan koefisien regresi sebesar 0,533 dan thitung (4,221) > nilai ttabel (1,6675); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga terhadap Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Taman Siswa Padang dengan koefisien regresi sebesar 0,150 dan thitung (2,346) > nilai ttabel (1,6675); (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kecerdasan Emosional, Konsep Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Taman Siswa Padang dengan Fhitung sebesar 150,140 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru,pihak sekolah, orang tua dan siswa untuk lebih memperhatikan lagi kecerdasan emosional, konsep diri dan lingkungan keluarga siswa dalam proses belajar dalam upaya untuk lebih mengoptimalkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Padang.