Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru, Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMPN 17 Padang
Main Author: | Dwi, Marlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4847/1/11090065%20DWI%20MARLINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4847/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4847/3/Kesimpulan%20%282%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4847/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4847/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1) Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar di SMPN 17 Padang 2) Pengaruh media pembelajaran Terhadap motivasi belajar di SMPN 17 Padang, 3) Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap hasil belajar di SMPN 17 Padang, 4) Pengaruh media Pembelajaran terhadap hasil belajar di SMPN 17 Padang, 5) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar di SMPN 17 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 17 Padang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 281 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 165 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama) Persepsi siswa tentang gaya mengajar guru berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi belajar di SMPN 17 Padang terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,719 dengan nilai pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar sebesar 0,072 atau 7,2% dan nilai thitung sebesar 6,398 ≥ ttabel sebesar 1,975 dan. Kedua) Media pembelajaran berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi belajar di SMPN 17 Padang terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,036 dengan nilai pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar sebesar 0,004 atau0,4% dan nilai thitung sebesar 0,318 ≥ ttabel sebesar 1,975. Ketiga) Persepsi siswa tentang gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,290 dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,084 atau 8,4% dan pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar sebesar0,072 atau7,2% dan nilai thitung sebesar 2,978 ≥ ttabel sebesar 1,975. Keempat) Media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,301 dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,091 atau 9,1% dan pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar sebesar0,004 atau0,4% dan nilai thitung sebesar 3,456 ≥ ttabel sebesar 1,975. Kelima) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,346 dengan nilai pengaruh langsung sebesar0,120 atau12,0% dan nilai thitung sebesar 5,690 ≥ ttabel sebesar 1,975.