Efektifitas Penggunaan Metode Diskusi pada Layanan Bimbingan Kelompok dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik (Studi Eksperimen di Kelas XI AP I SMK Negeri 09 Padang)
Main Author: | Niosep, Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/484/1/13060102%20NIOSEP%20SAPUTRA%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/484/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/484/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/484/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/484/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang keterampilan komunikasi interpersonalnya kurang bagus dalam proses pelayanan, peserta didik lebih cenderung diam, tidak mampu menyampaikan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggungkap: 1) Gambaran komunikasi interpersonal peserta didik sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok, 2) Gambaran komunikasi interpersonal peserta didik setelah dilaksanakan bimbingan kelompok, 3)Efektifitas penggunaan metode diskusi pada layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian quasi eksperiment design dengan menggunakan metode diskusi pada layanan bimbingan kelompok kepada peserta didik. Penarikan sampel digunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian 10 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk teknik analisa data digunakan teknik t-test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1). Gambaran komunikasi interpersonal peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kriteria kurang baik, 2). Gambaran komunikasi interpersonal peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kriteria cukup baik, 3) Efektifitas penggunaan metode diskusi pada layanan bimbingan kelompok dalam pengembangan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik terliahat efektip. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada Guru BK untuk dapat meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik dengan menggunakan metode diskusi pada layanan bimbingan kelompok ke depannya, hal ini dikarenakan adanya metode diskusi dalam layanan bimbingan kelompok yang berguna bagi pengembangan komunikasi interpersonal peserta didik.