Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS Di SMA Negeri 5 Padang

Main Author: Hengki, Hengki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4838/1/11090051%20HENGKI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4838/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4838/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4838/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4838/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca (2) Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar (3) Pengaruh Tingkat pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar (4) Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS 1 sampai 4 . Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 91 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fasilitas perpustkaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca terlihat dari nilai thitung sebesar 4,578 ≥ ttabel sebesar 1,987934 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,437. (2) Fasilitas perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar terlihat dari nilai thitung sebesar 18,382 ≥ ttabel 1,987934 dengan nilai koefisien jalur 0,746. (3) Tingkat Pendidikan Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar terlihat dari nilai thitung sebesar 10,282 ≥ ttabel 1,987934dengan nilai koefisien jalur 0,378. (4) Minat Baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar terlihat dari nilai thitung sebesar 6,391 ≥ ttabel sebesar 1,987934 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,261. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan agar pihak sekolah memperbanyak koleksi buku-buku yang berkaitan dengan mata pelajaran yang ada di sekolah, dan diharapkan kepada siswa agar mengurangi membaca majalah ketika mereka ke perpustakaan. Kepada guru juga diharapkan agar berusaha memotivasi siswa untuk mencari buku rujukan di perpustakaan, sehingga perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh siswa.