Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran, Fasilitas Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII di SMA N 12 Sijunjung
Main Author: | Yesi, Maizurlianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4834/1/11090041%20YESI%20MAIZURLIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4834/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4834/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4834/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4834/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII di SMA N 12 Sijunjung, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII di SMA N 12 Sijunjung, 3) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII di SMA N 12 Sijunjung, dan 4) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dalam proses pembelajaran, fasilitas belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII di SMA N 12 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif yang menggunakan data primer dan skunder. Penelitian ini dilakukan di SMA N 12 Sijunjung pada bulan September 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA N 12 Sijunjung dengan sampel 60 siswa dimana teknik pengambilan sampel adalah Total sampling. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan nilai koefisiennya sebesar 0,559. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung sebesar 4,945 > ttabel sebesar 2,00324.;(2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Fasilitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan nilai koefisiennya sebesar 0,597. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung sebesar 4,052 > ttabel sebesar 2,00324.;(3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan nilai koefisiennya sebesar 0,318. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung sebesar 4,572 > ttabel sebesar 2,00324.;(4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi, fasilitas belajar dan minat belajar secara simultan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai Fhitung sebesar 88,380 > Ftabel sebesar 2,77. Besarnya pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dalam proses pembelajaran, fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII di SMA N 12 Sijunjung yaitu 82% dan sisanya 18% dipengaruhi oleh faktor lain yang ada di luar penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka di sarankan kepada siswa, guru dan pihak sekolah untuk lebih memperhatikan lagi persepsi siswa tentang kompetensi guru, fasilitas belajar, dan minat belajar siswa dalam proses belajar dalam upaya untuk lebih mengoptimalkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII di SMA N 12 Sijunjung.