Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 05 Mukomuko
Main Author: | Yispika, Maryani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4831/1/11090035%20YISPIKA%20MARYANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4831/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4831/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4831/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4831/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMA N 05 Mukomuko, (2) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMA N 05 Mukomuko, 1)Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMA N 05 Mukomuko, (4) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMA N 05 Mukomuko, dan (5) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMA N 05 Mukomuko. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-assosiatif. waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September 2015. Populasi penelitian ini berjumlah sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Total Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan bantuan program IBM SPSS AMOS Versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 3,573 > ttabel sebesar 1,99085 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,311 dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kedua Kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dimana di peroleh nilai thitung sebesar 7,212 > ttabel sebesar 1,99085 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,627 dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Ketiga Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 2,870 > ttabel sebesar 1,99085 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,273 dan nilai signifikan 0,004 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Keempat Kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 3,065 > ttabel sebesar 1,99085 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,350 dan nilai signifikan 0,002 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kelima Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 2,819 > ttabel sebesar 1,99085 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,321 dan nilai signifikan 0,005 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada seluruh siswa dan orang tua untuk lebih memperhatikan lagi lingkungan keluarga, kebiasaan belajar dan motivasi belajar siswa supaya prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 05 Mukomuko lebih optimal.