Pengaruh Sikap Belajar, Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMA N 6 Padang

Main Author: Lusi Widia, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4830/1/11090032%20LUSI%20WIDIA%20PUTRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4830/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4830/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4830/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4830/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh sikap belajar terhadap motivasi belajar di SMA N 6 Padang, 2) Pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar di SMA N 6 Padang, 3) Pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar di SMA N 6 Padang, 4) Pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar di SMA N 6 Padang, 5) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar di SMA N 6 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini berjumlah sebanyak 125 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis jalur, dengan bantuan program SPSS versi 17.0 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Sikap belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Padang terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,474 dan nilai thitung sebesar 4,552 > ttabel sebesar 1.986 dengan nilai pengaruh langsung sebesar 3,2%. Kedua Persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,474 dan nilai thitung sebesar 4,552 > ttabel 1.986 dengan pengaruh langsung sebesar 4,8%. Ketiga Sikap belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,302 dan nilai thitung sebesar 3,736% > ttabel sebesar 1.986, dengan nilai pengaruh langsung sebesar 9,1% dan pengaruh tidak langsung melalui motivasi 3,2%. Keempat Persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,452 dan nilai thitung sebesar 5.492 > ttabel 1,986, dengan nilai pengaruh langsung sebesar 20,4% dan pengaruh tidak langsung sebesar 4,8%. Kelima Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,452 dan nilai thitung sebesar 2.807 > ttabel sebesar 1,986, dengan nilai pengaruh langsung sebesar 5%. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan agar guru lebih memperhatikan sikap siswa dalam belajar dan memberikan metode-metode yang menarik supaya siswa lebih termotivasi dalam belajar untuk mendapatkan hasil belajar yang baik.