Pengaruh Kebiasaan Belajar Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai
Main Author: | Alim Saud, Sauddeinuk |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4824/1/10090227%20ALIM%20SAUD%20SAUDDEINUK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4824/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4824/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4824/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4824/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, 2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar, 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 4) Pengaruh kebiasaan belajar, perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berjumlah 47 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 47 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program Eviews 6 dan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,123. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,010 > ttabel sebesar 1,68107 dengan nilai signifikan 0,004 < α = 0,05 maka tolak H0 dan Ha diterima. Artinya apabila kebiasaan belajar naik satu persen, maka hasil belajar akan naik sebesar 0,123. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,145. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,687 > ttabel sebesar 1,68107 dengan nilai signifikan 0,001 < α = 0,05 maka tolak H0 dan Ha diterima. Artinya apabila perhatian orang tua naik satu persen, maka hasil belajar akan naik sebesar 0,145. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,175. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,200 > ttabel sebesar 1,68107 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05 maka tolak H0 dan Ha diterima. Artinya apabila motivasi belajar naik satu persen, maka hasil belajar akan naik sebesar 0,175. 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai, ditunjukkan oleh nilai Fhitung 40,269 > Ftabel 3,21 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, maka tolak H 0 dan Ha diterima. Artinya kebiasaan belajar, perhatian orang tua dan motivasi belajar mempengaruhi varian pada hasil belajar sebesar 73,7% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya. Dengan demikian disarankan kepada siswa supaya bisa lebih meningkatkan kebiasaan belajar dalam belajar dikelas maupun di sekolah dan untuk orang tua maupun guru agar dapat memberikan motivasi yang baik dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai.