Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Peluang Untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang
Main Authors: | Safrida, Ningsih, Tika, Septia, Rina, Febriana |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4788/1/Jurnal%20Mosharafa%20ok.doc http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4788/ https://drive.google.com/open?id=1UJRqTOHnJrVZ_3FKR2DQHWhV0NKcV6_8 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang belum memahami materi peluang dan penyajian materi pada LKS belum membimbing siswa menemukan konsep secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi peluang untuk siswa kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri atas 3 fase yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Tahap preliminary research terdiri dari wawancara kepada siswa dan guru, analisis silabus, dan analisis buku teks. Tahap prototyping phase yaitu merancang sistematika dan struktur LKS, penyusunan prototipe, evaluasi diri, tinjauan ahli, evaluasi satu-satu dan evaluasi kelompok kecil. Tahap assessment phase yaitu uji kelompok besar terhadap satu kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas ekperimen.Hasil penelitian menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan memotivasi siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa, Penemuan Terbimbing.