Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang
Main Author: | Dini, Aprilla Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4782/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4782/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4782/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4782/4/10010226-DINI%20APRILLA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4782/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa di kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru, kurangnya minat siswa dalam belajar biologi, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya keberanian siswa dalam mengeluarkan ide dan pendapat. Salah satu upaya yang dilakukan guru agar melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Berdasarkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 74,99 dan kelas kontrol 58,99. Penilaian ranah afektif rata-rata kelas eksperimen 3,00 (B) dan kelas kontrol 2,60 (B). Hasil analisis data dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,97 dan ttabel = 1,68. Dengan demikian thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016.