Persepsi Peserta Didik tentang Tujuan Informasi Karir yang Diberikan Guru Bimbingan dan Konseling (Studi pada Peserta Didik Kelas XII di SMA Negeri 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman)

Main Author: Nor Azura Binti, Ilyas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/478/1/13060097%20NOR%20AZURA%20BINTI%20ILYAS%20%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/478/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/478/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/478/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/478/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbedanya pemahaman peserta didik tentang tujuan informasi karir yang diberikan guru bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan persepsi peserta didik tentang tujuan informasi karir dilihat dari aspek: 1) Meningkatkan pengetahuan tentang diri sendiri (self concept), 2) Meningkatkan dunia kerja, 3) Mengembangkan sikap dan nilai, 4) Meningkatkan keterampilan, 5) Menguasai keterampilan dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII 237. Penarikan sampel digunakan teknik simple random sampling. Sebanyak 149 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persepsi perserta didik tentang tujuan informasi karir dilihat dari aspek: 1) Meningkatkan pengetahuan tentang dirinya sendiri (self concept) berada pada kriteria cukup baik, 2) Meningkatkan pengetahuan tentang dunia kerja berada pada kriteria baik, 3) Mengembangkan sikap dan nilai berada pada kriteria kurang baik, 4) Meningkatkan keterampilan berfikir berada pada kriteria kurang baik, 5) Menguasai keterampilan dasar berada pada kriteria cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini di rekomendasikan kepada guru BK untuk dapat mengevaluasi kebutuhan pelaksanaan informasi karir yang diberikan kepada peserta didik baik dalam hal pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut dan pelaporan. Hal ini dikarenakan pada indikator: kemampuan kerja, minat, kebutuhan hidup, fisik, organisasi, memahami potensi diri sendiri, dapat menerima kenyataan diri sendiri, berani mengambil keputusan tentang apa sebaiknya dipilih, potensi-potensi pribadi yang dimiliki, kemampuan berkomunikasi, bekerja sama. Cukup banyak terdapat siswa yang berada pada kategori cukup baik dan kurang baik.