Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Febianti, Novika Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4774/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4774/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4774/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4774/4/11010172%20FEBIANTI%20NOVIKA%20SARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4774/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Padang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang di pelajari, belum terlihat kerja sama antar siswa, keterampilan siswa dalam berkomonikasi masih belum terlaksana, dan Hasil belajar siswa masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Upaya mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi pengetahuan adalah berupa soal pilihan ganda yang dilaksanakan melalui tes diakhir penelitian. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dimana kelas eksperimen 70,13 dan kelas kontrol 51,38. Uji hipotesis diperoleh t’ adalah 4,72 dimana -2<t’<2 yang berarti hipotesis penelitian ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Padang tahun pelajaran 2015/2016.