Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa kelas VII SMPN 20 Padang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selama proses pembelajaran berlangsung guru sebagai penyedia informasi cenderung mendominasi kegiatan pembelajaran di kelas sehingga interaksi antara guru dan siswa serta sesama siswa kurang tercipta. Hal tersebut lebih dipersulit dengan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Pada saat pembelajaran berlangsung siswa cenderung diam tidak ada umpan balik dari siswa dalam menanggapi materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning untuk materi kepadatan populasi manusia dan hubungannya dengan lingkungan serta pencemaran dan kerusakan lingkungan di SMPN 20 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan randomized control- group posttes only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 20 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik purpose sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.6 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah test tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf α = 0,05. Hasil analisis data untuk ranah kognitif pada kelas eksperimen 77,50 dan pada kelas kontrol 68,69 dengan T(tabel) = 1,67 sedangkan T(hitung) = 2,07 hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisa penilaian ranah afektif pada kelas eksperimen dengan predikat 3,42 (B) dan kelas kontrol dengan predikat 3,13 (B) dengan T(tabel) = 1,67 sedangkan T(hitung) = 2,07 hipotesis diterima. Penilaian ranah psikomotor pada kelas eksperimen dengan Predikat 3,44 (B+) dan kelas kontrol dengan predikat 3,00 (B) T(tabel) = 1,67 sedangkan T(hitung) = 2,07 hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap belajar IPA biologi pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas VII di SMPN 20 Padang.