Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Parulian, Sakaloat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4771/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4771/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4771/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4771/4/10010101%20-%20PARULIAN%20SAKALOAT%20%20-%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4771/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 31 Padang, guru kurang memvariasikan model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode cerama dan tanya jawab saja. Sehingga siswa kurang aktif, jenuh dan tidak mau berusaha mencari ilmu sendiri, siswa masih menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber informasi. Sehingga hasil belajar siswa pun masih rendah. Untuk itu guru harus memvariasikan model pembelajaran, agar siswa tidak jenuh dan aktif dalam pembelajaran dan niat siswa untuk belajar meningkat dan hasil belajarnya pun meningkat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control Group Posstest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kelas VII8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran tes hasil belajar siswa. Instrumen hasil belajar sikap berupa lembar observasi sikap, dan instrumen hasil belajar keterampilan adalah lembar penilaian keterampilan. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t, dengan kriteria th> tt. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh perbedaan hasil rata-rata hasil belajar biologi siswa pada kedua kelas sampel. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 81,24 dan kelas kontrol adalah 77,89. Hasil uji-t didapatkan thitung = 1,89, dan ttabel = 1,67 thitung>ttabel. Hasil penilaian ranah sikap pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata 3,07 dengan predikat B, dan kelas kontrol 3,03 predikat B juga. Pada ranah keterampilan kelas eksperimen memperoleh rata-rata capaian optimum adalah 3,47 predikat (B+), sedangkan kelas kontrol 3,66 pada predikat (A-). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang tahun pelajaran 2015/2016.