Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh enam masalah, yaitu. (1) kemampuan menulis siswa rata-rata masih rendah. (2) siswa masih kesulitan merangkai kata. (3) siswa masih harus diarahkan saat menulis teks diskusi. (4)siswa masih kurang paham dengan struktur diskusi terutama poin kesimpulan. (5) siswa kesulitan merangkai kata. (6) siswa cenderung merasa bosan saat pelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode kolerasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang yang berjumlah 254 siswa dari delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang yang berjumlah 47 orang. Sampel diambil dengan cara acak. Data dalam penelitian ini adalah skor penguasaan kosakata dan kemampuan menulis teks diskusi siswa. Data dianalisis dan kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil penelitian dari setiap aspek dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 79,68 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik (B). Kedua, kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,29 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang dengan uji zhitung > ztabel=6,92 > 1,96. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang.