Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Solok Selatan
Main Author: | Ika, Musrina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4768/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4768/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4768/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4768/4/10010029%20IKA%20MUSRINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4768/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi pada materi sistem pernafasan (respirasi). Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah diantaranya kurangnya minat dan motivasi belajar, proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah pun hanya berpusat pada guru. Siswa dalam belajar masih kurang tertarik untuk belajar dan cenderung pasif baik dalam bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru. Interaksi yang terjadi antar siswa masih kurang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Learning Cycle disertai pemberian LDS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 2 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI IPA SMAN 2 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 57 orang siswa dan dikelompokkan menjadi 2 kelas, sedangkan sampel adalah kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Berdasarkan hasil analisis yang didapat rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen pada ranah kognitif adalah 80,27, sedangkan kelas kontrol 73,93. Setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung= 2,73 dan ttabel= 1,68 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan selang kepercayaan 95 % diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Learning Cycle disertai pemberian LDS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 2 Solok Selatan.