Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Disertai Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VII SMPN 10 Padang
Main Author: | Reza, Jundra Yeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4767/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4767/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4767/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4767/4/10010021%20REZA%20JUNDRA%20YENI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4767/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 10 Padang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian Biologi siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 76 pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan kelas VII semester 2 SMPN 10 Padang. Disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya dalam proses belajar mengajar guru jarang menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, guru menerapkan metode diskusi dan ceramah dan media pembelajaran yang digunakan juga kurang menarik, sehingga kondisi dalam proses belajar mengajar masih sangat pasif sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) disertai dengan media gambar terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian desain penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester 2 SMPN 10 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggunakan Purposive sampling,. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah tes objektif dan analisis data dilakukan dengan uji t, dengan kriteria thitung > ttabel. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas eksperimen adalah 80,17 sedangkan kelas kontrol adalah 73,25. Uji hipotesis diperoleh thitung (3,05) > ttabel (1,67) yang berarti hipotesis (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) disertai dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 10 Padang.