Analisis Soal Ujian Semester I Bidang Studi IPA Kelas VIII SMPN 2 Ranah Batahan Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Lidia, Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4764/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4764/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4764/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4764/4/09010257%20LIDIA%20FITRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4764/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil ujian semester siswa yang masih banyak berada dibawah KKM yang telah ditetapkan sekolah adalah 75. Rendahnya nilai siswa disebabkan karena soal yang diujikan kepada siswa belum dianalisis sehingga belum diketahui apakah perangkat soal ujian IPA yang digunakan disekolah sudah valid. Pembuatan soal tes belajar siswa dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang butiran butiran soal yang baik berupa validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas options pada soal ujian semester 1 mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 2 Ranah Batahan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang mengikuti ujian semester 1 mata pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2015/2016. Data diolah dengan menggunakan rumus validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas options. Hasil analisis menunjukkan bahwa validitas soal adalah 0.90 nilai validitasnya terletak antara kriteria koefisien korelasi 0,80 samapai 1,00 sehingga termasuk kategori tinggi. Sedangkan reabilitas soal adalah 0,60 nilai reabilitasnya terletak anatara 0,60 sampai 0,79 sehingga tes termasuk kategori tinggi, sedangkan hasil analisis pengukuran tingkat kesukaran dari 40 soal terdapat 19 termasuk soal sukar,15 soal cukup,6 soal terlalu mudah. Sedangkan daya pembeda untuk kriteria jelek sebanyak 27 soal,soal sedang sebanyak 8,baik sebanyak 19, baik sekali 0 soal. Sedangkan efektifitas option kunci efektif, sedangkan efektifitas pengecoh tidak efektif.