Efektifitas Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Peserta Didik (Studi Eksperimen di Kelas VIII.5 SMP Negeri 3 Pulau Punjung)
Main Author: | Eki, Karnando |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/476/1/13060095%20EKI%20KARNANDO%20%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/476/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/476/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/476/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/476/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang percaya diri. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran kepercayaan diri peserta didik sebelum melaksanakan layanan bimbingan kelompok. (2) Gambaran kepercayaan diri peserta didik setelah melaksanakan bimbingan kelompok. (3) Efektifitas bimbingan kelompok dalam mengembangkan kepercayaan diri peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode dalam penelitian ini quasi eksperimen dengan rancangan one group pre-test and posstest design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 10 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik t-test. Hasil penelitian ini mengungkap: (1) Gambaran kepercayaan diri peserta didik sebelum melaksanakan layanan bimbingan kelompok pada kriteria rendah. (2) Gambaran kepercayaan diri peserta didik setelah melaksanakan bimbingan kelompok pada kriteria cukup tinggi. (3) Efektifitas bimbingan kelompok dalam mengembangkan kepercayaan diri peserta didik dilihat dari hasil analisis, adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasi kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik untuk meningkatkan kepercayaan diri, guru BK lebih meningkatkan kualitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode yang lebih menarik.