Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Padang
Main Author: | Sri, Yelni Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4751/4/12080195%20-%20SRI%20YELNI%20PUTRI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4751/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4751/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4751/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4751/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan yaitu sebagai berikut. Pertama, siswa kurang mengerti mengenai materi teks prosedur kompleks. Kedua, siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk teks prosedur kompleks. Ketiga, media dan teknik yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar belum efektif dan tidak bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan tidak serius memperhatikan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks siswa kelas X SMKN 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan jenis rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Padang yang terdaftar pada tahun 2015/2016 yang terdiri dari 12 kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas X KT A. Instrumen yang dilakukan adalah tes unjuk kerja memproduksi teks prosedur kompleks sebelum dan sesudah menggunakan media gambar berseri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu sebelum dan sesudah menggunakan media gambar berseri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 4 Padang sebelum menggunakan media gambar berseri pada rata-rata hitung yang diperoleh 56,94 dengan tingkat penguasaan 56-65% pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks sesudah menggunakan media gambar berseri dengan rata-rata hitung 79,72 dengan tingkat penguasaan 76-85% pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, media gambar berseri mempunyai pengaruh yang signifikan dari sebelum dan sesudah menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks dari hasil uji-t pada taraf 0,05 thitung > 6,3365 ttabel 1,70 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri berpengaruh terhadap kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks siswa kelas X SMKN 4 Padang dan media gambar berseri dapat di terapkan dalam menulis teks prosedur kompleks.