Pengaruh Teknik Memerikan Terhadap Kemampuan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMPN 24 Padang
Main Author: | Refani, Refani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4730/4/12080125-REFANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4730/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4730/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4730/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4730/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam membaca buku yang menyebabkan siswakurang mampu menuangkan idenya kedalam menulis poster. Minimnya penguasaan kosakata dan banyaknya siswa yang tidak bias menggambar poster. Siswa masih kesulitan dalam menemukan ide dan gagasan dalam menulis poster. Guru kurang terampil dalam menggunakan teknik pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian kemampuan menulis poster dengan menggunakan teknik memerikan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Pengaruh TeknikMemerikanTerhadapMenulis Poster SiswaKelas VIII SMPN 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Cara demikian dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 24 Padang yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Jumlah siswa kelas X tersebut adalah 258 siswa yang tersebar delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang yang berasal dari siswa kelas VIII-A sampaidengan VIII H. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis poster siswa kelas VIII SMPN 24 Padang. Instrumen penelitian ini diperoleh dari tes unjuk kerja menulis poster siswa kelas VIII SMPN 24 Padang. Hasil analisis data berdasarkan hasil penelitian kemampuanmenulis poster siswakelas VIII SMPN 24 Padang sebelum dan sesudah menggunakanteknikmemerikansebagai berikut. Pertama, tingkat kemampuanmenulis poster siswakelas VIII SMPN 24 Padang sebelum menggunakan teknikmemerikanmemperoleh nilai rata-rata 56.24 dengan kualifikasi 56 – 65% yaitu cukup (C). Kedua, tingkat kemampuanmenulis poster siswakelas VIII SMPN 24 Padang sesudah menggunakan teknikmemerikanmemperoleh nilai rata-rata 77.08 dengan kualifikasi 76-85 % yaitu baik (B). Berdasarkan kedua analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknikmemerikanberpengaruh terhadap kemampuanmenulis poster siswa kelas VIII SMPN 24 Padang dibandingkan dengan tanpa menggunakan teknik memerikandengant_hitung>t_tabelyaitu 21,61>167.