Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA N 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Nila, Anggraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4720/4/12080237%20NILA%20ANGGRAINI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4720/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4720/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4720/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4720/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh lima permasalahan yaitu sebagai berikut. Pertama, siswa mengalami kesulitan untuk mengembangkan ide atau gagasan, sehingga siswa sulit dalam menulis. Kedua, kurangnya kosakata siswa sehingga sulit untuk mengembangkan ide atau gagasan dalam menulis karangan argumentasi. Ketiga, siswa sulit merangkai kata menjadi sebuah paragraf atau karangan. Keempat, siswa merasa bosan dengan pembelajaran menulis karena teknik yang digunakan guru dalam pembelajaran yaitu metode ceramah. Kelima, siswa sulit mengembangkan karangan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis karangan argumentasi tidak menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA N 1 Lengayang. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA N 1 Lengayang. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan karangan menulis argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen sunguhan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik simple random sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan cara mencari standar deviasi, standar deviasi yang paling rendah dan nilai berdekatan dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu sebagai berikut, variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor kemampuan menulis karangan argumentasi siswa tidak menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) dan dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Teknik analisis data dengan cara melakukan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Lengayang sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Lengayang tidak menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,85 pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup. Kedua, kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Lengayang dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,26 pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Lengayang karena > yaitu 3,19 > 1,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik Think Talk Write (TTW) baik digunakan dalam menulis karangan argumentasi.