Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok
Main Author: | Eni Manila, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4718/4/12080001%20-%20ENI%20MANILA%20PUTRI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4718/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4718/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4718/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4718/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa kurang meminati keterampilan menulis poster. Hal itu disebabkan siswa kurang termotivasi dalam menulis poster. Kedua, siswa masih kesulitan menuangkan dan mengembangkan idenya dalam bentuk poster, karena di dalam buku sumber hanya tiga contoh yang diberikan. Ketiga, sarana dan prasarana di SMPN 1 Pantai Cermin belum memadai, sehingga pelaksanaan pembelajaran kurang maksimal. Keempat, siswa belum menguasai materi tentang menulis poster. Hal itu disebabkan oleh materi yang ada di dalam buku sumber belum lengkap. Kelima, media yang digunakan dalam pembelajaran menulis poster belum bervariasi, sehingga siswa tidak termotivasi untuk melaksanakan kegiatan menulis poster. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis poster siswa kelas VIII F SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok yang berjumlah 27 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil kemampuan menulis poster siswa kelas VIII F SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok sebelum menggunakan media gambar (pretest). Kemudian dilakukan perlakuan dengan bantuan media gambar. Selanjutnya siswa menulis poster tanpa bantuan media gambar (posttest). Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis poster sebelum dan sesudah menggunakan media gambar dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, tingkat kemampuan menulis poster siswa kelas VIII F SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok sebelum menggunakan media gambar memperoleh nilai rata-rata 65,02 dengan klasifikasi 56 – 65% yaitu Cukup.Kedua, tingkat kemampuan menulis postersiswa kelas VIII F SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok sesudah menggunakan media gambarmemperoleh nilai rata-rata 81,48 dengan klasifikasi 76 - 85% yaitu Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambarterhadap kemampuan menulis poster siswa kelas VIII F SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok, karena thitung> tabel (4,30>1,71). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis poster siswakelas VIII F SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Soloksesudah menggunakan media gambar lebih baik daripada sebelum menggunakan media gambar.