Peran Guru BK dalam Mencegah Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan Behavioristik di Kelas VIII SMP Negeri 35 Padang
Main Author: | Florida, Fransiska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4716/4/12060263%20florida%20fransiska%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4716/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4716/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4716/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4716/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar dan sosialnya, serta adanya peserta didik yang keluar masuk kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Peran guru BK dalam mencegah tingkah laku salah suai peserta didik dengan menggunakan penguatan positif, 2) Peran guru BK dalam mencegah tingkah laku salah suai peserta didik dengan menggunakan penguatan negatif, 3) Peran guru BK dalam mencegah tingkah laku salah suai peserta didik dengan menggunakan punishment. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan situasi tertentu sebagaimana adanya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 169 orang peserta didik dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 orang peserta didik kelas VIII. Analisis data pada penelitian menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran guru BK dalam mencegah tingkah laku salah suai peserta didik dengan menggunakan pendekatan behavioristik berada pada kategori cukup baik. Dilihat dari sub variabel, 1) Peran guru BK dalam mencegah tingkah laku salah suai peserta didik dengan menggunakan penguatan positif berada pada kategori cukup baik. 2) Peran guru BK dalam mencegah tingkah laku salah suai peserta didik dengan menggunakan penguatan negatif berada pada kategori cukup baik. 3) Peran guru BK dalam mencegah tingkah laku salah suai peserta didik dengan menggunakan punishment berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian direkomandasikan kepada guru BK agar dapat meningkatkan sikap yang ramah tamah dengan tersenyum pada peserta didik dalam membangun hubungan sosial yang baik sebagai bentuk penguatan positif dalam mencegah tingkah laku salah suai peserta didik.