Penyesuaian Diri Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat (Studi terhadap Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2013)
Main Author: | Afriyenti Prima, Utama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4712/3/11060080%20-%20AFRIYENTI%20PRIMA%20UTAMA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4712/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4712/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4712/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4712/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyesuaian diri mahasiswa yang sulit untuk melaksanakan penyesuaian diri dengan baik, mahasiswa memiliki sikap realistik dan objektif, rasional, ketegangan emosional dan pengarahan diri. Bahwa ada diantara mahasiswa yang takut tidak diterima oleh teman sebaya, serta mengalami konflik maupun kecemasan. Tujuan penelitian 1) Penyesuaian diri positif mahasiswa angkatan 2013 di kampus, 2) Penyesuaian diri negatif mahasiswa agkatan 2013 di kampus. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2013 yang berjumlah 185 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 127 responden yang terdaftar. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa penyesuaian diri mahasiswa berada dalam kategori baik yakni sebanyak 111 orang dengan persentase 87,40% yang meliputi: 1) Penyesuaian diri positi berada dalam kategori baik yakni sebanyak 103 orang persentase 81,10%, 2) Penyesuaian diri negatif berada dalam kategori. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan pada pihak kampus Prodi Bimbingan dan Konseling agar dapat membantu proses penyesuaian diri mahasiswa lebih baik lagi.