Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kompetensi Kepribadian Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK CERSA Pasaman
Main Author: | Patra, Yanis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4711/3/11090036%20PATRA%20YANIS%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4711/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4711/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4711/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4711/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh keterampilan mengajar guru secara parsial terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Cersa Pasaman. 2) pengaruh kompetensi kepribadian guru secara parsial terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Cersa Pasaman. 3) pengaruh penggunaan media pembelajaran secara parsial terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Cersa Pasaman. 4) pengaruh keterampilan mengajar guru, kompetensi kepribadian guru dan penggunaan media pembelajaran secara stimultan terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Cersa Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Akuntansi kelas X SMK CERSA Pasaman Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 100 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru, kompetensi kepribadian guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK CERSA Pasaman digunakan uji t dan uji F. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK CERSA Pasaman, dimana nilai koefisien dengan thitung 2,177 > ttabel 1,985. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK CERSA Pasaman, dimana nilai koefisien dengan thitung 2,977 > ttabel 1,985.(3) terdapat pengaruh yang signifikan antara antara penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK CERSA Pasaman,dimana nilai koefisien dengan thitung 2,483 > ttabel 1,985 (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru, kompetensi kepribadian guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, dimana nilai koefisien dengan Fhitung 21,326 > Ftabel 309. Besarnya keterampilan mengajar guru, kompetensi kepribadian guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa yaitu 40% dan sisanya 60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Dengan adanya penelitian ini disarankan kepada guru agar tidak hanya sekedar mengajarkan pelajaran saja kepada siswa tetapi diharapkan bisa memberikan motivasi kepada siswa agar siswa semangat dalam belajar.