Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang tua, Sikap Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA N 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam

Main Author: Razinaldi, Razinaldi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4710/3/11090036%20PATRA%20YANIS%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4710/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4710/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4710/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4710/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh tingkat pendidikan orang tua secara parsial terhadap hasil belajar. 2) pengaruh sikap belajar dengan hasil belajar siswa. 3) pengaruh minat belajar dengan hasil belajar siswa. 4) pengaruh tingkat pendidikan orang tua, sikap belajar dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 193 orang dengan sampel sebanyak 131 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh pendidikan orang tua, sikap belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N1 Lubuk Basung digunakan uji t dan uji F. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung, dimana nilai thitung sebesar 2,318 > ttabel 0,05. Dengan koefisien sebesar 0,884 berarti Ha diterima dan H0 ditolak; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung, dimana nilai thitung sebesar 2,452 > ttabel 0,05. Dengan koefisien sebesar 3,426 berarti Ha diterima dan H0 ditolak; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung, dimana nilai thitung sebesar 2,185 > ttabel 0,05. Dengan koefisien sebesar 2,859 berarti Ha diterima dan H0 ditolak; (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan orang tua, sikap belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N1 Lubuk Basung, dimana nilai Fhitung 6,906> Ftabel0,05. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan orang tua, sikap belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA N 1 Lubuk Basung. Berdasarkan pengujian koefisien diperoleh nilai R square sebesar 0,761, artinya sebesar 76,1% perubahan pada variabel dependen (hasil belajar) dapat dijelaskan atau disumbangkan oleh variabel independen (tingkat pendidikan orang tua, sikap belajar dan minat belajar), sedangkan sisanya sebesar 23,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran guru agar memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya tentang materi pelajaran yang tidak dipahami oleh siswa, guru diharapkan lebih sering membuat suatu kegiatan di kelas agar siswa dapat ikut serta dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.