Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Berbasis Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang
Main Author: | Ferdian, Rizky Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4709/2/12080283%20FERDIAN%20RIZKY%20PUTRA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4709/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4709/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4709/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4709/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis teks eksposisi siswa masih berada pada kategori belum sempurna dan belum memuaskan, sumber belajar hanya terfokus pada satu bahan ajar saja sedangkan setidaknya dalam proses pembelajaran membutuhkan tiga sumber belajar. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi manulis teks eksposisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) yang valid dari segi aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan, dan kegrafikaan; praktis dari segi aspek kemudahan dalam penggunaan dan kesesuaian dengan waktu; dan efektif dari segi keterampilan peserta didik menulis teks eksposisi sesuai dengan isi, struktur, dan unsur kebahasaan teks eksposisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Pertama, menulis teks eksposisi, yang berupa pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, unsur kebahasaan teks eksposisi, dan langkah-langkah dalam penulisan teks eksposisi. Kedua, model contextual teaching and learning, yang berupa pengertian contextual teaching and learning, dan tujuh komponen contextual teaching and learning. Ketiga, model pengembangan LKPD, yang berupa model pengembangan, pengertian LKPD, komponen LKPD, dan langkah-langkah penyusunan LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four- D) yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan diakhiri dengan tahap pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), namun penelitian yang dilakukan disederhanakan menjadi sampai tahap pengembangan (develop) saja,. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP SMP Negeri 12 Padang yang berjumlah 34 orang. Data penelitian ini adalah data primer. Data tersebut diperoleh dari instrumen validitas, instrumen praktikalitas, dan hasil tes unjuk kerja untuk efektivitas. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa LKPD menulis teks eksposisi dengan model contextual teaching and learning untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Dari hasil analisis terhadap instrumen validasi LKPD, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat kevalidan sebesar 91,74%. Tingkat praktikalitas LKPD dari guru sebesar 95,65% dengan kategori sangat praktis dan tingkat praktikalitas LKPD oleh peserta didik mencapai nilai praktikalitas sebesar 89,75% dengan kategori sangat praktis. Nilai efektivitas LKPD sebesar 78,79% dengan kategori baik yang diperoleh dari nilai tes unjuk kerja peserta didik.