Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrtaed Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menganalisis Teks Cerpen Siswa Kelas XI MAN 5 Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Resi, Sasmita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/470/1/13080180%20RESI%20SASMITA%20Ok%20Flip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/470/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/470/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/470/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/470/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permaasalahan siswa belum terampil menganalisis teks cerpen. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa dalam menganalisis teks cerpen, siswa kesulitan dalam menentukan tema dalam sebuah teks cerpen, kurangnya pengetahuan siswa mengetahui unsur-unsur intrinsik daam sebuah teks cerpen, siswa kesulitan merangkai kata menjadi kalimat dan kalimat menjadi paragraf, siswa kurang termotivasi dalam menganalisis teks cerpen, siswa kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan Pertama, mendeskripsikan kemampuan menganalisis teks cerpen siswa kelas XI MAN 5 Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat tanpa menggunakan model Cooperative Integrtaed Reading And Composition (CIRC). Kedua, mendeskripsikan kemampuan menganalisis teks cerpen siswa kelas XI MAN 5 Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap kemampuan menganalisis teks cerpen siswa kelas XI MAN 5 Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 5 Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 52 siswa. Sampel dalam Penelitian ini berjumlah 52 orang, yang terdiri dai 18 orang siswa kelas XI IPA, 18 orang siswa kelas XI IPS, dan 16 orang siswa kelas XI IPK. instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis t-test. Penelitian ini menyimpulkan bahwa. Pertama, kemampuan menganalisis teks cerpen siswa kelas XI MAN 5 Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata hitung 78,86 berada pada rentangan 76-85%. Kedua, kemampuan menganalisis teks cerpen siswa kelas XI MAN 5 Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata hitung 82,71 berada pada rentangan 76-85%. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (2,15) > ttabel (1,71), sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.