Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten
Main Author: | Lusiana, Patricia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4691/2/12080070%20-%20LUSI%20PATRICIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4691/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4691/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4691/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4691/ |
Daftar Isi:
- Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca kritis siswa SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara sehingga berpengaruh terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi. Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mendeskripsikan kemampuan membaca kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Ketiga, untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan membaca kritis dengan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam yang berjumlah 238 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling, sampel berjumlah 30 orang. Variabel penelitian ini adalah kemampuan membaca kritis sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis paragraf argumentasi sebagai variabel terikat. Data dari penelitian ini adalah skor kemampuan membaca kritis dan skor kemampuan menulis paragraf argumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga simpulan yang diperoleh. Pertama, kemampuan membaca kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung mutiara dengan nilai rata-rata hitung sebesar 73,57 berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC) berada pada rentangan (66-75%) pada skala 10. Kedua, kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam dengan rata-rata hitung sebesar 80 berada pada kualifikasi baik (B) karena berada pada rentangan (76-85%) pada skala 10. Ketiga, berdasarkan uji-t, H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung>ttabel yaitu 7,89 >1,70. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca kritis memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.