Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Waktu Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Kecenderungan Menyontek Siswa Kelas VIII Di SMP Pertiwi 2 Padang Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Jumita, Asryesi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4686/3/12090213-JUMITA%20ASRYESI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4686/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4686/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4686/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4686/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, waktu belajar dan perhatian orang tua secara parsial dan simultan terhadap kecenderungan menyontek siswa kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 114 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 88 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, waktu belajar dan perhatian orang tua secara parsial dan simultan terhadap kecenderungan menyontek siswa kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang digunakan teknik uji t dan uji F. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan menyontek siswa kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisienregresi sebesar 0,494 dan nilai thitung 9,432> ttabel (1,663). (2) Kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan menyontek siswa kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,144 dan nilai thitung 2,884> ttabel (1,663). (3) Waktu belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecenderungan menyontek siswa kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar -0,254 dan nilai thitung -5,698 > ttabel (-1,663) (4) Perhatian orang tua berpengaruh positif daan signifikan terhadap kecenderungan menyontek siswa kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,140 dan nilai thitung 3,353> ttabel (1,663) (5) kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, waktu belajar, dan perahtian orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan menyontek siswa kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Fhitung 60,972 > dari Ftabel (2,71) dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, waktu belajar, dan perahtian orang tua terhadap kecenderungan menyontek siswa kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu sebesar 74,6%, sedangkan sisanya 25,4% dijelas oleh sebab-sebab lain yang ada di luar penelitian.